ImpLementasi Produk QordhuL Hasan

Implementasi Produk Qord dari Bank Syariah saat ini yang terbanyak adalah untuk dana talangan haji.

Ketika saya cermati persamaan antara konsep ideal dengan praktik yang dilakukan oleh bank-bank syariah.

Sama-sama memberikan pinjaman uang (dana) kepada nasabah calon haji tanpa imbalan dengan kewajiban pihak peminjam mengembalikan pokok pinjaman secara sekaligus atau cicilan dalam jangka waktu yang telah ditentukan oleh bank.
Pembiayaan talangan haji adalah pinjaman (qardh) dari bank syariah kepada nasabah untuk menutupi kekurangan dana guna memperoleh kursi (seat) haji pada saat pelunasan BPIH (Biaya Perjalanan Ibadah Haji). Dana talangan ini dijamin dengan deposit yang dimiliki nasabah. Nasabah kemudian wajib mengembalikan sejumlah uang yang dipinjam itu dalam jangka waktu tertentu. Atas jasa peminjaman dana talangan ini, bank syariah memperoleh imbalan (fee/ujrah) yang besarnya tak didasarkan pada jumlah dana yang dipinjamkan.
Qardh ini bersifat mandub (dianjurkan) bagi muqridh(orang yang mengutangi) dan mubah bagi muqtaridh (orang yang berutang
perbedaan antara konsep ideal dengan praktik yang dilakukan oleh bank-bank syariah

Perbedaan Konsepnya Dengan memberikan pinjaman (Qardh) yang berbeda-beda dan perbedaan praktiknya jika praktik talangan haji itu menyalahi aturan DSN No. 29/DSN-MUI/VI/2002, dengan menggunakan sistem ijarah,tetapi biaya jasanya disesuaikan dengan dana al-Qardh yang disalurkan dan berdasarkan dengan lama waktu pengembalian dana al-Qardh.
sama saja dengan menggunakan sistem bunga atau mengandung riba jika praktiknya seperti itu.

Baik buruk produk Qord ditinjau dari perspektif hukum syariah (Islam) dapat dilihat dari surat _

– Al-Baqarah : 245
“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan” (Al-Baqarah : 245)
-Al-Maidah : 2
“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” (Al-Maidah : 2)
– al-Hadid ayat 11.
“ Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat gandakan (balasan) pinjaman itu untuknya, dan dia akan memperoleh pahala yang banyak” (al-Hadid ayat 11)

Jadi kalau dilihat dari segi perspektif Baiknya : Dalam panjelasan ketiga surat di atas, bahwa para ulama telah menyepakati bahwa qardh boleh dilakukan, dan kesepakatan ulama ini didasari tabiat manusia yang tidak bisa hidup tanpa pertolongan dan bantuan saudaranya. Bahwa tidak seorangpun yang memiliki segala barang yang ia butuhkan. Oleh karena itu, pinjam-meminjam sudah menjadi satu bagian dari kehidupan didunia ini. Dan Islam adalah agama yang sangat memperhatikan segenap kebutuhan ummatnya.
Kalau dari segi Buruknya : qordh itu tidak boleh dilakukan bila terdapat unsur riba.

Baik buruk produk Qord ditinjau dari perspektif Bank

Dari segi Baiknya: Memberikan Sejumlah Pinjaman talang kepada nasabah calon haji Tanpa imbalan dengan syarat Nasabah tersebut akan melunasinya sebelum keberangkatan haji.
Dari segi Buruknya : Bila ada terjadi sesuatu terhadap pinjaman nasabah tersebut maka ditanggung oleh sinasabah itu sendiri karena Bank tidak memberikan jaminan kepada nasabah.

Baik buruk produk qord ditinjau dari perspektif calon haji

Dari segi Baiknya : memudahkan sicalon untuk menunaikan Haji karena telah diberikan pinjaman.
Dari segi Buruknya : tanggal pengemblian pinjaman nya ditetapkan, Bahwa sinasabah peminjam dana talangan haji harus melunasi pinjaman nya sebelum keberangkatan haji, dan seandainya sinasabah belum mampu untuk melunasi maka itu akan menjadikan beban bagi nasabah itu sendiri.

Yatmizia ilham/ EPI 20110730058

By yatmizia ilham

2 comments on “ImpLementasi Produk QordhuL Hasan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s