Kompetensi SDM Dalam Bidang Perbankan Syariah

:) –karakter personal untuk menjadi SDM yang kompeten dalam bidang perbankan syariah yaitu :

1.Banking Knowledge (Ilmu Perbankan)
Maksudnya di sini secara lebih luas seorang bankir syariah itu harus mengerti tentang dasar-dasar ilmu perbankan.
2.Immediate result (produktifitas)
Maksudnya seorang bankir syariah juga harus mengetahui tentang produktifitas perbankan syariah itu sendiri.

3.Syariah Knowledge (Pengetahuan syariah)

4.Attitude knowledge (sikap dan kebiasaan)

5.Managerial Skill (kemampuan Memimpin)

:) Dan karakteristik/ kategori SDM Insan yang Baik untuk menjadi seorang bankir yang baik, harus ditopang dengan nilai-nilai moralitas, estetika, etika, kerendahan hati untuk memberi lebih dari sekedar yang seharusnya kepada segenap nasabahnya, terbingkai dengan nilai-nilai spiritual, dalam mendedikasikan karya dan kinerja dengan poros Ikhsan Bekerja, membekali diri kita dengan pemahaman dan peningkatan ilmu terhadap konsep dan operasional bank Syariah menjadikan pribadinya adalah pribadi dengan SDS (Sumber Daya Syariah).

Dibalik karekter personal untuk menjadi SDM yang berkompeten dalam bank syariah seorang bankir syariah juga harus memiliki nilai-nilai SDI (Sumber Daya Insani) yang mengarah kepada isfat rasululullah yaitu :

1.sidiq –> yang mengambarkan kejujuran yang sangat dibutuhkan untuk membangun sinergi kerja antara bank dengan mitra kerja.
dan memastikan bahwa pengelolaan bank syariah dilakukan dengan moralitas yang menjunjung tinggi nilai kejujuran.

2.Amanah–> mengambarkan integritas yang dibutuhkan untuk meyakinkan masyarakat bahwa dana-dananya dikelola secara benar.

Tanggung Jawab, secara berkesinambungan melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat mengenai prinsip-prinsip, produk dan jasa perbankan syariah.

3.Tabliqh–> mengambarkan kompetensi pekerja dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Bersikap Transparan, menjaga dengan ketat prinsip kehati-hatian dan kejujuran dalam mengelola dana yang diperoleh dari pemilik (shahibul maal) sehingga timbul rasa saling percaya antara pihak pemilik dana dan pihak pengelola dana investasi (mudharib).

4.Fathonah–> mengambarkan kemampuan komunikasi dan hubungan personal dan leadership.
dan memastikan bahwa pengelolaan bank dilakukan secara profesional dan kompetitif sehingga menghasilkan keuntungan maksimum dalam tingkat risiko yang ditetapkan oleh bank. :)

:)– Dari syarat ideal tersebut hal yang menurut keyakinan saya sendiri bahwa saya sudah berkarakter personal untuk menjadi seorang bankir perbankan syariah baru dari segi sikap dan kebiasaan yang
sesuai dengan syar’i.

contohnya dalam keseharian saya melaksanakan shalat lima waktu dan mengaji, menutup aurat dengan berjilbab dan berpakaian yang tidak ketat dan transparan, selalu berusaha jujur dalam setiap ucapan, selalu berusaha ramah pada setiap orang, selalu rendah Hati, Serta menjaga etika bergaul antara sesama lawan jenis.
Karena seorang bankir syariah yang baik itu harus memiliki sikap an kebiasaan seperti yang saya sebutkan diatas.

:) Dari berbagai syarat ideal tersebut, yang belum menjadi karakter saya sendiri yaitu Banking Knowledge (Ilmu Perbankan) , Immediate result (produktifitas) , Syariah Knowledge (Pengetahuan syariah)
,Managerial Skill (kemampuan Memimpin).

- MUngkin law dari Banking knowledge (ilmu perbankan) saya akan berusaha lebih rajin untuk menegetahui lebih detail lagi tentang ilmu perbankan, khususnya perbankan syriah.
Selanjutnya Immediate result (produktifitas ) mungkin kalau dilihat dari produktifitasnya saya akan mencari referensi apa-apa saja produktifitas serta pengetahuan tentang syariah itu sendiri (syariah knowledge) yang ada di perbankan syariah,serta akan mencoba mengikuti simanar-seminar tentang pengetahuan bank syariah . Kalau dari Managerial Skill (kemampuan memimpin) mungkin saya akan memulai dari diri saya sendiri .

Terimakasih :)

Wassalam..
Yatmizia Ilham (20110730058) ..
Ekonomi & perbankan islam…..
Fakultas agama islam..
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.. :)
:):)

About these ads
By yatmizia ilham

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s